Harga Pangan Stabil Selama Pendemi, Kemendag Apresiasi Satgas Pangan

0

Jakarta – Wamendag Jerry Sambuaga turut hadir dan menyaksikan pemberian penghargaan terhadap Polri khususnya Satuan Tugas (Satgas) Pangan dan para pelaku usaha yang turut berhasil menjaga ketersediaan dan kestabilan harga pangan selama pandemi Covid-19.

Pada kesempatan itu, Mendag Agus Suparmanto memberikan penghargaan kepada Kapolri yang diwakili oleh Kabareskrim (Komjen Listyo Sigit Prabowo) serta para pelaku usaha dan asosiasi terkait. Tampak hadir juga Ketua Satgas Pangan Daniel Tahi Monang Silitonga.

Dalam paparan itu terungkap bahwa ketersediaan pangan selama pandemi relatif aman. Dilihat dari harga, selama pandemi harga relatif stabil dan bahkan terjadi deflasi yang diakibatkan menurunnya aktivitas ekonomi. Indeks harga konsumen tercatat mengalami deflasi 0,1 persen didorong oleh deflasi sektor makanan, minuman dan tembakau yang sebesar 0,73 persen.

Menanggapi hal tersebut, Wamendag Jerry Sambuaga memberikan dua pernyataan. Pernyataan pertama adalah apresiasi kepada Polri khususnya Satgas Pangan, Petani, Pedagang, Pelaku Usaha, Asosiasi dan stakeholder terkait karena telah bekerja sama dengan pemerintah dalam hal ini Kemendag dalam menjaga ketersediaan dan stabilitas pangan.

“Semua pihak bekerja keras Bersama Kemendag agar harga pangan stabil dan stoknya aman. Secara khusus saya turut mengapresiasi Kapolri, juga tentu saja Ketua Satgas Pangan dan Dirut Bulog. Yang tidak dilupakan tentu para petani, peternak, pedagang, pelaku usaha, asosiasi dan semua stakeholder terkait. Tanpa kehadiran mereka tentu kita akan sulit memenuhi target ketersediaan dan kestabilan harga pangan,” kata Jerry.

Baca Juga  Capai Target 100 Persen, 2021 BPR Bahteramas Kendari Buka Ruang Pengembangan UMKM

Jerry menekankan bahwa komoditas pangan selalu menempati peran yang paling signifikan dalam setiap kejadian khusus seperti pandemi ini. Menurutnya, dalam pandemi, orang hanya lebih terfokus untuk melakukan penyelamatan diri atau mitigasi. Pangan adalah bagian krusial dalam mitigasi karena bukan hanya menyangkut keselamatan individu tetapi juga kestabilan sosial, ekonomi dan politik.

Pemerintah Indonesia, menurut Jerry, sangat paham dan tanggap terhadap itu sehingga bisa mengambil langkah antisipatif yang cepat.

“Kementerian Perdagangan menjadi salah satu Lembaga terdepan dalam hal tersebut. Kami berusaha melakukan upaya baik di lingkup domestik maupun perdagangan internasional agar kita bisa memenuhi permintaaan bahan pangan masyarakat dengan harga yang stabil,” tambah Jerry.


Sumber: Liputan6

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here