Jokowi Minta Kawasan Industri Terhubung dengan Kampus

0
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI pada sidang tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/8/2020). Kepala Negara memilih menggunakan pakaian adat Sabu, Nusa Tenggara Timur, pada sidang tahunan yang digelar di tengah pandemi Covid-19 kali ini.

Presiden Joko Widodo meminta kawasan industri menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi untuk menyiapkan sumber daya manusia yang siap kerja.

Hal itu disampaikan Jokowi saat meresmikan gedung Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/8/2020).

” Industri-industri di kawasan utara Jawa kita dorong untuk bekerja sama dengan lembaga pendidikan terutama pendidikan vokasi. Dan kita dorong untuk bersinergi dengan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk membangun sinergi kekuatan nasional,” kata Jokowi lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Ia menambahkan, saat ini pemerintah sedang bekerja keras untuk membangun kawasan-kawasan industri.

Salah satu kawasan industri terpenting berada di sepanjang super koridor utara Jawa.

Jokowi mengatakan, kawasan ini sudah didukung dengan sistem logistik yang baik, tol darat yang sudah tersambung, tol laut, akses bandara dan pelabuhan, dan juga dilengkapi dengan ketersediaan listrik yang melimpah.

“Saya mengajak semua pihak yang terkait pelaku industri, pelaku UMKM dan lembaga pendidikan tinggi untuk memanfaatkan momentum pengembangan kawasan industri ini sebagai ajang sinergi untuk melakukan lompatan kemajuan,” kata Jokowi.

“Oleh karena itu inovasi modal kerja sama terus dikembangkan. Masing-masing pihak harus membuka diri untuk berubah, untuk menemukan cara baru, untuk menemukan model kerja sama baru yang saling menguntungkan dan menghasilkan nilai tambah yang maksimal,” kata Presiden.

Baca Juga  Jadwal Rapid Tes 203 CTKL Dump Truck PT VDNI Diundur

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here