Pemda Konawe “Miliki” Mobile Lab PCR Covid-19, Targetkan 300 Sampel Perhari

0
Wakil Bupati Kabupaten Konawe, Gusli Topan Sabara (kiri) bersama Kabag Humas dan Protokoler Setda Kab Konawe, Sukri Nur, saat menunjukkan bagian dari Mobile Lab PCR Covid-19. Foto: Istimewah

KONAWE, INDITIMES.ID – Pemerintah Kabupaten Konawe dalam hal ini BLUD RS Konawe bekerjasama dengan PT Bio Farma (Persero) untuk pemeriksaan virus corona terhadap 15 ribu sampel, dengan menurunkan satu unit Mobile Lab PCR Covid-19 atau mobil kerjasama operasional (KSO).

Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara, Jumat 02 Oktober 2020, mengatakan tujuan dari kerjasama tersebut yakni  untuk mengetahui secara dini seseorang terkonfirmasi positif atau negatif dari virus corona.

“Karena yang selama inikan kita butuh waktu 4-5 hari untuk mengtahui hasilnya. Tetapi dengan adanya yang mobile ini, hasilnya lebih cepat kita ketahui sehingga yang bersangkutan ini akan lebih cepat kita tangani dengan cara melakukan baik itu cara isolasi langsung ditangani maupun isolasi mandiri,” katanya.

Mobile Lab PCR Covid-19 ini menurut Gusli sehari dapat menyelesaikan 300 sampel, dengan target kerjasama 15 ribu sampel. Setelah itu, Mobile Lab PCR Covid-19 sah sebagai milik pemda dalam hal ini BLUD RS Konawe.

“Kerjasama kita untuk 15 ribu sampel, setelah itu semua peralatan jadi milik pemda,” ringkasnya.

Sementara itu, ditempat yang sama dr. Ucy Nadjemiyah, Sp.PK., selaku Penanggung Jawab Lab BLUD RS Konawe, mengatakan secara teknis mobil kso mampu mengerjakan 300 sampel perhari. Namun, pihaknya  menjadwakan sehari akan mengerjakan sampel 200-300 sampel.

“Kita usakan 200-300 sampel perhari, untuk hasil setiap sampel bisa diketahui setelah 3-4 jam waktu pengerjaannya,” jelasnya.

Baca Juga  213 Calon TKL Crew Umum PT OSS Wajib Rapid Test

Untuk menguasai operasional Mobile Lab PCR Covid-19, pihaknya akan mengoperasionalkan mobil KSO tersebut bersama tim dari Jakarta.

“Kita akan dibimbing tim dari jakarta, mereka akan transfer ilmu ke kita,” tandasnya.

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here