Bulan Inklusi Keuangan, Bank BPR Bahteramas Konawe Literasi Warga Padangguni

0
Direktur Utama BPR Bahteramas Konawe sekaligus Ketua DPD Perbarindo Sultra, Ahmat, saat menyampaikan sambutan diacara literasi keuangan dalam rangka bulan Inklusi Keuangan. Foto: Istimewah

KONAWE, INDITIMES.ID – Bulan Inklusi Keuangan yang ditetapkan setiap bulan Oktober oleh Otoritas Jasa Keuangan mewajibkan perbankan untuk melakukan literasi produk-produk Industri Jasa Keuangan (IJK) dalam hal ini perbankan kepada masyarakat.

Menjalankan amanah tersebut, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bahteramas Konawe melaksanakan literasi keuangan kepada puluhan warga Kecamatan Pandangguni, Kabupaten Konawe.

Direktur Utama BPR Bahteramas Konawe, Ahmat, Rabu 7 Oktober 2020 mengatakan kegiatan literasi tersebut tujuan akhirnya adalah agar masyarakat dengan mudah mengakses produk-produk IJK khususnya perbankan.

“Kita ingin meningkatkan pemahaman masyarakat terkait produk – produk jasa keuangan, mempublikasi program-program literasi keuangan, dan perlindungan konsumen yang tujuan akhirnya masyarakat menjadi paham dan dengan mudah mengakses produk-produk perbankan,” jelasnya.

Lanjutnya, pihaknya memilih Kec Padangguni sekaligus untuk mengharmonisasikan BPR Bahteramas Konawe dengan pemegang saham  dalam hal ini kepala desa. Apalagi kedua belah pihak telah menandatangani MoU pengelolaan keuangan Bumdes.

“Kami ada MoU dengan kepala desa di Kec Padangguni  dalam hal pengelolaan keuangan desa, memperkuat euangan desa untuk mensejahterakan masyarakat. Meskipun rekening dana desa mereka di Bank Sultra tapi untuk kegiatan lain mereka bermitra dengan kami, misal Bumdes,” paparnya.

Banyak kemudahan yang kemudian diberikan BPR Bahteramas Konawe khususnya untuk masyarakat Kec Padangguni, kemudahan ini salah satunya kredit. Masyarakat melalui kepala desa setempat bisa mengoptimalkan BPR baik untuk kredit konsumtif ataupun prduktif.

Baca Juga  Hindari Kejenuhan, Pemda Konawe Rotasi Pimpinan SKPD

“Jadi kepala desa bisa merekomendasikan warganya yang ingin mengajukan kredit di BPR Konawe, baik konsumtif ataupun produktif,” tandasnya.

Harmonisasi dan optimalisasi fungsi BPR Bahteramas Konawe output akhirnya dapat meningkatkan inklusi keuangan masyarakat konawe khususnya di Kec Padangguni.

Kegiatan yang dilaksanakan selama sehari tersebut dibuka langsung oleh Camat Padangguni, Marwan Lahatamu, S.Ag., didampingi Direktur Operasional BPR Bahteramas Konawe, Syahrir, SE., dengan pemateri Hardianto, SE., dan Yenni Lugagandum yang dihadiri peserta perwakilan 9 desa di Kecamatan Padangguni, Kabupaten Konawe

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here