70 Persen Konawe Terpapar Covid, Bupati Minta Tambahan Mobile Lab PCR

0
Bupati Konawe, Kerry Saiful Konggoasa (tengah) didampingi Kabag Humas dan Protokoler Setda Konawe, Sukri Nur (kanan). Foto : istimewah

KONAWE, INDITIMES.ID – Saat ini wilayah Kabupaten Konawe hampir keseluruhan terpapar covid-19, hanya menyisakan 30 persen yang tidak terpapar sama sekali alias zona hijau.

Hal ini dibenarkan Bupati Kabupaten Konawe, Kerry Saiful Konggoasa (KSK), Senin 12 Oktober 2020, usai apel pagi di halaman Kantor Bupati Konawe.

“Hasil kordinasi dengan camat, berita terakhir sangat menyedihkan 70 persen wilayah Konawe terpapar covid, yang terbanyak kita di Unaaha klaster Arombu setelahnya klaster Besulutu,” bebernya.

Pasalnya hasil swab kedua pasien positif covid, keluar setelah keduanya meninggal dan dimakamkan tidak sesuai protokol covid. Hal ini menyebabkan penyebaran covid terjadi begitu cepat, dengan pelayat sebagai media.

Olehnya KSK meminta tambahan Mobile Lab PCR kerjasama dengan PT Bio Farma (Persero), untuk beroperasi di wilayah Konawe.

“Saya minta tambahan mobil lagi, karena Mobile Lab PCR kita yang ada saat ini sudah beberapa kabupaten yang meminta untuk pinjam, tapi saya bilang jangan dulu karena kita juga butuh,” katanya.

Kerry bahkan meminta agar pihak BLUD RS Konawe yang mengoperasikan Mobile Lab PCR agar aktif menjemput bola utamanya Klaster Arombu dan Klaster Besulutu.

“Saya minta Pak Agus untuk langsung ke titik klaster untuk mengecek masyarakat secara langsung,” pintanya.

Selain meminta tambahan mobil operasional, Bupati Konawe telah mengeluarkan Perbub Konawe Nomor 46 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid -19.

Baca Juga  Lulus Berkas, 164 CTKL PT VDNI Dipanggil Swab Test

Penerapan perbub dilakukan melalui Operasi Yustisi untuk melakukan razia protokol kesehatan di Wilayah Kabupaten Konawe.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here