9 Kecamatan Usulkan Desa Wisata ke Dinas Pariwisata Konawe

0
Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Konawe, H Muh Nur, SKM, MM. Foto : indiTIMES.id

KONAWE, INDITIMES.ID –  Sesuai nawacita Presiden RI mengenai pengembangan destinasi wisata dalam hal ini Desa Wisata, pun direalisasikan di Kabupaten Konawe dengan membangun Desa Wisata di 29  kecamatan di Kabupaten Konawe.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga da Pariwisata Kabupaten Konawe, H. Muh Nur, SKM, MM., kepada indiTIMES.id, Kamis 17 Oktober 2020 mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan BPMD Kabupaten Konawe untuk mewujudkan Desa Wisata.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Kadis BPMD, dan setiap kecamatan kami minta datanya untuk desa wisata,” katanya.

Sampai saat ini dari 29 kecamatan menurut Muh Nur baru 9 kecamatan yang mengajukan salah satu desanya untuk dijadikan sebagai Desa Wisata.

“Yang masuk baru 9 kecamatan, masih ada 20 kecamatan lagi. Tapi kalau misal dalam suatu kecamatan memang tidak ada potensi wisata, kami tidak paksakan untuk diadakan,” jelasnya tanpa menyebutkan 9 kecamatan tersebut.

Lanjutnya, Desa Wisata yang dimaksud tidak melulu soal desa yang memiliki destinasi seperti pantai, tetapi termasuk desa dengan wisata kuliner, religi, alam dan lainnya.

Terlibat dalam pembinaan Desa Wisata, Kadis Pemuda, Olahraga dan Pariwisata tersebut membeberkan untuk dana nantinya akan di plot dari anggaran Dana Desa sesuai kemampuan desa. Ia berharap ditahun 2022 Kabupaten Konawe telah memiliki Desa Wisata yang menjadi destinasi wisatan lokal maupun wisatan di luar konawe.

“Tahun ini kita rampungkan datanya, tahun 2021 perencanaan baik itu anggarannya dan pengerjaannya. Ditahun 2022, Desa Wisata saya berharap sudah bisa dinikmati,” paparnya.

Baca Juga  Minahasa Tenggara Lirik Pertanian Konawe

Dengan adanya Desa Wisata nantinya masyarakat memiliki tujuan atau destinasi wisata sendiri, sehingga tidak perlu keluar jauh untuk berwisata.

“Tujuan utama kita untuk meningkatkan PAD,” tandasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here