Pemda Konawe Terima WTP Kelima Tepat Dihari Kelahiran Bupati KSK

0
Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, menerima penghargaan opini WTP dari BPK RI yang diserahkan oleh Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Sultra, Arif Wibawa, Senin 19 Oktober 2020. Foto: istimewah

KONAWE, INDITIMES.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemda) Konawe kembali menorehkan prestasinya dalam mengelola keuangan, dibuktikan dengan penghargaan dari Menteri Keuangan melalui Badan Pemeriksan Keuangan Republik Indonesia yang diterima langsung Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, di ruang kerjanya bertepatan dihari kelahiranya Senin 19 Oktober 2020 yang ke-54 tahun.

Kepala Kantor Wilayah Dirjen Perbendaharaan Sultra, Arif Wibawa, mengatakan raihan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sudah yang kelima kali diterima Pemda Konawe, pengahargaan ini diberikan karena pengelolaan keuangan dilingkup Pemda Konawe memenuhi standar atau kriteria opini WTP.

“Kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan atau kejujuran dalam mengungkap, kepatuhan terhadap perundang-undangan, efektivitas sistem pengendalian intern, efektivitas review aparat indpektorat,” paparnya.

Dengan raihan lima kali berturut-turut tersebut artinya tata kelola keuangan Pemda Konawe sudah sangat bagus, sehingga hal ini diharapkan akan mempengaruhi tata kelola baik itu keuangan maupun dibidang layanan semakin baik.

Selain penghargaan, Pemda Konawe juga akan mendapatkan kucuran Dana Insentif Daerah (DID) ditahun 2021 dengan total Rp24 miliar. Dimana dana ini penggunaannya fleksibel sesuai dengan kebutuhan Pemda Konawe.

“DID yang diberikan tahun depan Rp24 miliar, dana ini lebih fleksiel bisa digunakan sesuai kebutuhan pemerintah misalnya pembangunan infrastruktur,” katanya.

Sementara itu, ditahun 2019 penilaian pengelolaan keuangan daerah di Sultra yang penghargaannya diserahkan tahun 2020 ini, hanya Kabupaten Konawe Selatan yang absen dari opini WTP. Pemerintah Provinsi dan Kota Kendari 7 kali opini WTP, Konkep opini WTP pertama kali, dan selebihnya kabupaten lainnya dengan beberapa kali opini WTP.

Baca Juga  Dihadiri Enam Artis Dangdut, RM dan Coffee Amaro Moico Kendari Resmi Dibuka

Mendampingi Bupati Konawe saat menerima penghargaan, Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara, Sekretaris Daerah (Sekda) Ferdinan Sapan, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Konawe.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here