Barter Sampah Anda Dengan Rupiah Hanya di Bank Sampah DLH Konawe

0
Terlihat masyarakat sedang mengantri di Bank Sampah Unaaha untuk menukar sampah dengan rupiah. Foto: Doc DLH Konawe

KONAWE, INDITIMES.ID – Siapa bilang sampah hanyalah sampah yang harus dilenyapkan?, sampah yang anda miliki di rumah bisa ditukar dengan sejumlah uang di Bank Sampah. Selain, sampah anda ditukar dengan sejumlah uang, juga bisa saving atau menyimpan hasil sampah anda dalam bentuk tabungan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Konawe, Ilham Jaya, Selasa 27 Oktober 2020 mengatakan masyarakat Unaaha bisa menukarkan sampahnya dengan sejumlah uang di Bank Sampah Unaaha yang terletak di eks Kantor Kebersihan dan Pertamanan Konawe.

“Bank Sampah kita sudah berjalan sejak tahun 2016, hanya saja program ini membutuhkan sosialisasi yang panjang karena mengubah pola fikir masyarakat itu tidak mudah. Sehingga sosialisasinya masih berjalan terus, dan Bank Sampah di Unaaha kembali aktif,” katanya.

Ilham memapaparkan sistemnya, Bank Sampah hanya menerima sampah daur ulang seperti plastik, besi, kertas dan sampah yang dapat dijadikan pupuk. Selanjutnya pihak Bank Sampah akan menimbang sampah yang dikonversikan dalam sejumlah uang, selanjutnya sampah dibeli oleh pengumpul yang sebelumnya menandatangani MoU kerjasama dengan pihak Bank Sampah DLH Konawe.

“Nah, warga bisa mengambil uangnya atau menyimpan uangnya di Bank Sampah seperti bank pada umumnya, karena di Bank Sampah juga ada teller yang melayani masyarakat,” katanya.

Selain Bank Sampah Unaaha, juga ada Bank Sampah Mepokoaso di Desa Lahotutu Kecamatan Wonggeduku Barat. Juga terdapat di Asinua dan Uepai, namun dikedua tempat ini belum berjalan maksimal.

Baca Juga  Berlakukan PPKM Mikro, Pemda Konawe Minta Petugas PPKM Mikro Bersikap Humanis

“Minggu depan kami akan ke Desa Tani Indah Kecamatan Kapoila bersama kepala desa setempat kami akan sosialisasi kepada masyarakat mengenai sampah yang bisa dimanfaatkan kembali bahkan jadi uang, bukan hanya untuk dibakar atau ditimbun,” bebernya.

Apalagi menurut Ilham, Desa Tani Indah merupakan desa yang berada di sekitar lingkar tambang dimana volume sampah sudah cukup besar.

Kegigihan DLH  dalam menangani sampah, sejalan dengan visi misi Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Wakil Bupati Konawe, Guslih Topan Sabara yakni menciptakan lingkungan bersih dan menjaga kualitas lingkungan salah satu indikatornya adalah pengurangan sampah dengan 3R (Reduce, Reuse dan Recyle) melalui Bank Sampah.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here