Minahasa Tenggara Lirik Pertanian Konawe

0
Penyerahan cinderamata dari Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara (kiri) kepada Wakil Bupati Minahasa Tenggara, Youke Legi (kanan) usai sharing masing-masing potensi. Foto: indiTIMES.id

KONAWE, INDITIMES.ID – Tata kelola pertanian di Kabupaten Konawe menarik perhatian Pemda Minahasa Tenggara, utamanya penggunaan sistem robotik, handtractor menggunakan remote control.

Wakil Bupati Minahasa Tenggara, Youke Legi, Selasa 03 November 2020, mengatakan potensi Minahasa Tenggara hampir sama dengan Kabupaten Konawe, baik potensi pertanian, pariwisata dan pertambangan.

“Kita juga ada pertanian, tapi harus kita akui pertanian di Konawe sangat luas. Kita ada pertanian tapi teknologinya yang kami adopsi disini,” katanya.

Selain pertanian, pariwisata, UMKM dan pertambangan juga menjadi bahan diskusi antara kedua belah pihak.

Sebagai kabupaten pecahan dari Minahasa Selatan sejak tahun 2007, berharap agar kedepan dapat mengadopsi sistem pertanian di Konawe.

Sementara itu, Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara usai menerima Wabup Bupati dan OPDnya mengatakan tipikal Kabupaten Minahasa Tenggara dan Kabupaten Konawe hampir sama.

“Dari sektor pertanian dan pertambangan, sehingga kedepan Pemda Konawe berencana mengunjungi kabupaten kembaran kami. Karena potensinya sama, yaitu sektor pertanian, pariwisata dan pertambangan kalau kita kita bisa kita saling lakukan penguatan,” jelasnya.

Ditambahkannya, Pemda Konawe kedepannya akan berkunjung ke Kabupaten Minahasa Tenggara mengadopsi teknologi yang bisa diterapkan di Kabupaten Konawe.

Sekedar informasi, sistem pertanian di Kabupaten Konawe mengadopsi sistem intensifikasi, mekanisasi, robotic.

Baca Juga  Lukman Abunawas Positif Covid, Dinkes Sultra Imbau yang Kontak Erat Diperiksa

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here