Penen Kedua, Konawe Hasilkan 210 Ribu Ton Gabah

0
Kadis Pertanian Konawe, Syahrudin. Foto : indiTIMES.ID

KONAWE, INDTIMES.ID – Musim panen padi ke dua tahun 2020 di Kabupaten Konawe sedang berlangsung, sebanyak 35 ribuan hektar sawah siap dipanen. Dengan luasan sawah, dan rata-rata panen 6 ton gabah perhektar maka konawe akan menghasilkan 210 ribu ton gabah.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Konawe, Syahrudin,  Rabu 04 November 2020 mengatakan luasan sawah tersebut tersebar mulai dari Asinua, Latoma, Abuki dan wilayah potensi lainnya di Kabupaten Konawe.

“Kemarin saja di Asinua kami panen satu hektar itu menghasilkan 9 ton gabah, tapi kalau untuk rata-ratanya itu 6 ton perhektar gabah yang dihasilkan. Untuk hasil keseluruhan, maka dikalikan saja 35 ribuan hektar sawah yang ada di Kabupaten Konawe, dan kita surplus terus sampai-sampai Bulog sudah tidak mampu membeli,” katanya.

Sementara itu, memasuki musim penghujan Syahrudin mengatakan tidak akan mempengaruhi proses pengeringan gabah di Kabupaten Konawe. Saat ini Kabupaten Konawe memiliki teknologi yang memudahkan petani, penggilingan sekaligus pengering.

“Penggilingan kita sudah banyak yang memiliki dryer tau pengering jadi tidak lagi berharap lantai jemur, dan Konawe memiliki 20 penggilingan sekaligus pengering,” jelasnya.

Penggilingan dryer yang ada di Konawe tersebar di Kecamatan Abuki, Tongauna, Wonggeduku, Wonggeduku Barat, dan Pondidaha.

Baca Juga  Unilaki Cetak 296 Lulusan Siap Kerja

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here