Mobil Damkar Konawe Telan Anggaran Rp1,8 Miliar Tiba di Kendari

0
Mobil Damkar Kabupaten Konawe dengan kondisi bak yang bocor. Foto : indiTIMES.id

KONAWE, INDITIMES.ID – Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Konawe, dijadwalkan tiba di Pelabuhan Kendari hari ini, Senin 30 November 2020.

Hal ini dikatakan langsung Kadis Satpol PP dan Damkar Kabupaten Konawe, Herianto Wahab, saat ditemui usai apel pagi di Kantor Bupati Konawe.

“Alhamndulillah akhir tahun ini, armada damkar melalui Satpol PP oleh Pemda Konawe hari ini tiba di Pelabuhan Kendari dari Jakarta,” jelasnya.

Armada yang menelan APBD Rp1,8 Miliar melalui dana lain-lain, memiliki kapasistas 5500 liter dengan peralatan lebih canggih.

“Mobil damkar yang ada sekarang kapasitasnya 4000 liter, dan tidak memenuhi syarat karena baknya bocor, dan peralatannya sering rusak ditengah jalan,” bebernya.

Ditambah lagi dua unit mobil suplay air yang tidak berfungsi, menyulitkan kerja mobil damkar yang ada saat ini. Selain itu mobil ambulance yang diperuntukan untuk mengangkut korban kebakaran rusak total.

“Jadi wajar saja kalau kebakaran kita tidak bisa berbuat apa-apa karena armada yang sangat terbatas, bayangkan kalau sementara memadamkan api dan kehabisan air mobil yang sedang memadamkan ini harus meninggalkan lokasi untuk mencari air. Harusnya mobil damkar ini stand by di lokasi dan harus ada mobil suplay,” akunya.

Mantan Kabag Humas dan Protokol Pemda Konawe ini tidak menampik, sepanjang tahun 2020 hampir 100 persen kebakaran tidak tertangani. Sehingga banyak kerugian yang dialami korban.

Baca Juga  Hindari Kejenuhan, Pemda Konawe Rotasi Pimpinan SKPD

“Jumlah kasus kebakaran sepanjang tahun ini ada 8 kejadian, dan hampir 100 persen tidak bisa kita tangani,” tandasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here