Kuatnya Pesona Tambang, Investasi di Konawe Meningkat Tajam

0
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Konawe, Ir. H. Burhan, M.Si. Foto: indiTIMES.id

KONAWE, INDITIMES.ID – Meskipun di tengah pandemi saat ini, tidak menyurutkan investor untuk berinvestasi di Kabupaten Konawe. Tidak lain pertambangan menjadi daya tarik tersendiri untuk investor asing.

Tercatat dari Januari hingga  November 2020, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Konawe mencatat jumlah investasi yang meningkat tajam dari target yang ditetapkan.

Ir. H. Burhan, M.Si., selaku Kadis Penanaman Modal dan PTSP mengatakan dari target Rp6 Triliun, terelisasi hingga diangka Rp34 triliun atau 500 persen lebih.

“Sangat menggembirakan, karena penanaman modal asing di Konawe meningkat tajam diluar target atau prediksi kita,” katanya, Selasa 01 Desember 2020.

Lanjutnya, tambang menjadi magnet tersendiri bagi investor untuk menanamkan modalnya di Konawe khusunya di perusahaan tambang di Morosi, PT VDNI dan PT OSS. Kondisi ini membantu perekonomian Kabupaten Konawe yang tumbuh diangka 9 persen, melebihi pertumbuhan ekonomi nasional, mengurangi pengangguran dan menggerakan roda perekonomian khususnya di wilayah tambang dan Kabupaten Konawe secara luas.

“90 persen yang menanamkan modalnya ditambang adalah Tiongkok,” bebernya singkat.

Sementara itu, untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) oleh investor Indonesia sendiri dari target Rp6 Miliar, sampai dengan November 2020 baru mencapai angka Rp4 Miliar, dengan mayoritas investasi di perkebunan kelapa sawit. Angka Rp4 Miliar terpengaruh oleh kondisi saat ini.

Baca Juga  PT VDNI Memanggil 50 CTKL Dump Truck Swab Test

“PMDN ada pengaruhnya dengan Covid, sehingga realisasinya baru sampai diangka Rp4 Miliar,” jelasnya.

Burhan berharap ditahun 2021 nanti, pandemi segera berakhir sehingga memberikan pengaruh positif terhadap iklim investasi di Konawe. Apalagi nantinya juga akan dibangun pabrik nickel, dan lithium di Routa.

“2021 kita berharap iklim investasi yang semakin membaik, baik PMA maupun PMDN. Karena dengan investasi yang semakin membaik tentunya memberikan dampak yang makin positif terhadap pengurangan pengangguran, meningkatkan income PAD dan PDRB. Hal ini sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Konawe,” tandasnya.

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here