Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Bupati Kery Serahkan 6 Unit Mobil Ambulance

0
Bupati Kery menyerahkan kunci mobil ambulance kepada salah satu Kapus di Kabupaten Konawe. Foto: INDITIMES

KONAWE, INDITIMES.ID – Meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Konawe, Pemda Konawe melalui Bupati Kery menyerahkan bantuan 6 unit mobil ambulance.

Ambulance tersebut diserahkan Bupati Kery kepada 5 Kepala Puskesmas yakni Puskesmas Latoma, Routa, Lalonggasumeeto, Laosu, Wonggeduku, dan satu unit pihak Dinkes Konawe guna operasional promosi kesehatan.

Bupati Kery memeriksa fasilitas setiap mobil ambulance sebelum diserahkan. foto: INDITIMES

Selain penyerahan fasilitas ambulance, juga telah diserahkan alat kesehatan, dan renovasi gedung puskesmas.

Melalui bantuan ini Bupati Kery berharap adanya peningkatan pelayanan, dan digunakan sebaik baiknya.

“Semoga mobilnya dipergunakan, dan diatur sebaik baiknya,” harap Kery.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe, drg Mawar Taligana membeberkan 6 unit ambulance tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Jadi ini sepaket, gedung, alkes, dan ambulance. Ini jatah afirmasi, dan reguler,” katanya.

Empat bangunan afirmasi yakni Puskesmas Routa, Latoma, Wonggeduku, dan Laosu. Sisanya reguler, Puskesmas Morosi, dan Puskesmas Uepai.

“Tahun ini kami mengusulkan lima puskesmas, tapi yang disetujui dua puskesmas yakni Puskesmas Perawatan Pondidaha, dan Puskesmas Perawatan Wonggeduku. Keduanya dana afirmasi, kita tidak dapat lagi reguler,” bebernya.

Mawar berpesan puskesmas yang mendapatkan bantuan mobil ambulance agar dipergunakan sebaik-baiknya dalam hal peningkatan pelayanan kesehatan.

“Harapan saya mobil ini dipakai sebaik baiknya, sebenarnya semua puskesmas di Konawe ada mobil ambulancenya, tapi ada beberapa yang ngadat-ngadat. Dengan adanya mobil ini maka pelayanan tidak ngadat-ngadat lagi, seperti Puskesmas Latoma sebelumnya kalau ngantar orang sakit itu pakai mobil open cup, jadi dengan adanya ini sangat membantu sekali,” tandasnya.

Baca Juga  Pedagang di Kawasan PT VDNI “Lumpuh” Ditengah Aksi yang Berujung Ricuh
Enam unit mobil ambulance yang diserahkan kepada lima Kapus dan Dinkes Konawe. Foto : INDITIMES

Ditempat yang sama usai menerima mobil ambulance Kepala Puskesmas Lalonggasumeeto, Sitti Satriani Amir, mengatakan sangat bersyukur dengan bantuan yang diberikan.

“Alhamndulillah sangat membantu sekali, karena mobil ambulance yang ada fasilitasnya tidak lengkap, seperti oksigen, tempat tidurnya. Dan yang ini sudah sangat lengkap, jadi untuk rujukan pelayanan alhamndulillah sudah lancar,” ucapnya.

Wanita berkerudung yang memiliki 53 Nakes di Puskesmas Lalonggasumeeto ini, juga sangat bersyukur dengan adanya bangunan baru menjadikan pelayanan kesehatan maksimal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here