Koleksi Bermacam Prestasi, Konawe Jadikan Data Sebagai Rujukan Tata Kelola Pembangunan

0
Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara pimpin Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Data “Menuju Konawe Satu Data”, di salah satu hotel di Unaaha, Rabu 27 Januari 2021. Foto: ist

KONAWE, INDITIMES.ID– Menuai berbagai macam prestasi tidak menjadikan Pemerintah Kabupaten Konawe jumawa, perbaikan diberbagai lini terus dilakukan, utamanya instrumen data dan informasi yang menjadi rujukan skenario pembangunan.

Untuk menyatukan pokok fikiran tersebut, Pemda Konawe melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Data “Menuju Konawe Satu Data”, di salah satu hotel di Unaaha, Rabu 27 Januari 2021.

Melalui sambutannya, Wakil Bupati Konawe, Gusli Topan Sabara mengatakan musrembang merupakan proses yang sangat penting dilaksanakan dalam upaya memperbaiki tata kelola pemerintahan ke arah yang lebih baik.

“Kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Konawe merupakan daerah tertua di Sultra, maka sepatutnyalah kita senantiasa harus memposisikan diri kita sebagai yang terdepan dalam berbagai aspek. Kita harus memastikan bahwa Kabupaten Konawe mampu menjadi katalisator bagi daerah-daerah lainnya dalam mencapai kemajuan dan kesejahteraan,” katanya.

Menampilkan tarian lulo sebelum musyawarah dilaksanakan, sebagai salah satu upaya melestarikan budaya Tolaki.

GTS sapaan akrab Wakil Bupati Konawe melanjutkan dalam beberapa tahun terakhir diketahui dari sisi pencapaian makro ekonomi Kabupaten Konawe menjadi yang terbaik di wilayah regional Sultra, hal ini tentunya merupakan salah satu prestasi yang sangat membanggakan dan patut disyukuri.

“Rata-rata pertumbuhan ekonomi kabupaten konawe cukup jauh diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi Sultra (9,2 persen, red), ini membuktikan bahwa Kabupaten Konawe menjadi daerah yang meyumbangkan kesejahteraan bagi Provinsi Sultra. Prestasi ini akan terus kita dorong dengan langkah konkrit yang nyata dan benar-benar terukur,” bebernya.

Baca Juga  Elektabilitas KSK Dominasi Bakal Cagub Lainnya

Pencapaian tersebut menjadi motivasi besar bagi pemerintah Kabupaten Konawe untuk memastikan skenario pembangunan kedepan berjalan sesuai yang harapkan, olehnya diperlukan instrumen data dan informasi yang dapat diyakini kebenarannya. Sehingga dalam melakukan analisis perencanaan pembangunan daerah dapat dilakukan dengan tepat dan akurat.

Lanjutnya, harus disadari bahwa perbaikan tata kelola pemerintah tidak cukup hanya pada aspek pengelolaan keungan daerah, namun yang jauh lebih penting dari hal tersebut adalah  memastikan bahwa sejak proses perencanaan hingga tiba pada pelaksanaan anggaran berjalan sesuai norma dan regulasi yang berlaku.

Peserta Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Data “Menuju Konawe Satu Data”.

Olehnya itu, upaya Pemda Konawe yang dimulai dalam forum satu data konawe, merupakan perbaikan tata kelola yang memang telah direncanakan, dan pada tahun ini juga pihaknya akan mengimplementasikan secara penuh mulai dari proses perencanaan, pengangaran, penatausahaan hingga pada proses pelaporan dan pengawasan.

“Saya sangat bersyukur perlahan stakeholder dapat memahami langkah-langkah yang ditempuh oleh Pemda Konawe, terutama para aparatur birokrasi di lingkup Pemda Konawe yang telah mampu menerjemahkan apa yang menjadi prioritas kami dalam upaya melakukan perbaikan tata kelola pemerintahan secara menyeluruh,” ujarnya.

Mantan Ketua DPRD Konawe ini menambahkan, bukan hal yang mengejutkan lagi jika hari ini dan dimasa-masa akan datang Kabupaten Konawe menuai berbagai prestasi baik pada tingkat regional maupun nasional, hal tersebut bukanlah hal yang mengejutkan karena sejatinya perbaikan atas tata kelola pemerintahan di Kabupaten Konawe memang sudah dijalankan sejak beberapa tahun belakangan.

Baca Juga  Februari 2021, BPS Mencatat Nilai Ekspor dan Impor Sultra Turun

“Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo yang menempatkan data menjadi kekayaan baru yang berharga bagi bangsa Indonesia . Maka pemerintah Kabupaten Konawe berpandangan sejalan dengan prinsip Bapak Presiden tersebut, terhadap pentingnya pengelolaan data dimasa kini dan yang akan datang,” tandasnya.

Musrembang yang dilaksanakan di salah satu hotel di Unaaha tersebut dihadiri diantaranya Forum Komunikasi Pimpinan Daeah se-Kabupaten Konawe, Pimpinan DPRD Kab Konawe beserta anggota, Sekda beserta OPD Lingkup Kabupaten Konawe.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here