P3K Bisa Menikmati Fasilitas Kredit Bank Sultra

0
Kepala Cabang Bank Sultra Unaaha, Rinti Relawati. Foto: inditimes

KONAWE, INDITIMES.ID – Pengangkatan pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (P3K) sudah di depan mata, khusus Kabupaten Konawe, Kemenpan RB memberikan kuota 1606 P3K guru.

Kesempatan ini tidak dilewatkan begitu saja oleh Bank Sultra Cabang Unaaha. Melalui Kepala Cabang Bank Sultra Unaaha, Rinti Relawati, Kamis 03 Juni 2021 megatakan P3K dapat menikmati layanan kredit layaknya ASN pada umumnya, dengan syarat-syarat yang telah ditentukan pihak Bank Sultra.

“Penyaluran kredit untuk P3K, umumnya sama dengan penyaluran kredit kepada ASN. Tetapi untuk P3K memang ada persyaratan khusus, salah satunya permohonan kredit disetujui atasan langsung sesuai dengan struktur pemerintahan atau struktur unit kerja yang diketahui suami istri, atau  permohonan kredit disetujui oleh pelaksana tugas atau atasan langsung sesuai struktur pemerintahan atau unit kerja,” bebernya.

Terkait plafon kredit, maksimal diberikan 80 persen dari penghasilan dengan jangka waktu kredit lima tahun atau sisa masa kontrak dikurangi tiga bulan. Sedangkan bunga dan pelunasan,  sama dengan kredit biasa pada umumnya.

Sementara itu, terkait persyaratan lainnya akan dijelaskan lebih lanjut oleh pihak pemasar atau marketing kredit Bank Sultra kepada calon debitur saat akan mengajukan kredit.

Apakah semua P3K mendapatkan layanan kredit di Bank Sultra?, wanita berhijab ini mengatakan hanya P3K yang gajinya disalurkan melalui Bank Sultra saja yang mendapatkan fasilitas kredit.

Baca Juga  93 CTKL Alat Berat PT VDNI Lulus Berkas, Cek Nama Kamu Disini!

Lebih jauh ia mengatakan pemberian fasilitas kredit kepada P3K merupakan peluang untuk ekspansi. Selain itu, pihaknya yang merupakan bagian dari pemerintah daerah berupaya untuk selalu bersinergi dengan program-program pemerintah termasuk pemberian fasilitas kredit kepada P3K layaknya ASN pada umumnya.

“Karena yang kemarin-kemarinkan kita tidak bisa bantu karena sifatnya honorer. Kalau P3K statusnya lebih jelas, kenapa tidak kita masuk ke pasar ini,” jelasnya.

Dari 1606 kuota P3K untuk Kabupaten Konawe, apakah ada batas target penyaluran kredit?,

“Kalau kita sih kalau bisa 100 persen kita senang, tidak ada pembatasan tidak ada kuota terkait jumlah dari 1606, kalau semua bisa kita ambil tidak ada masalah,” ujarnya.

Olehnya, dia berharap Pemkab Konawe melibatkan Bank Sultra saat serah terima SK P3K untuk melakukan sosilisasi terkait skema kredit untuk P3K.

“Harapan saya dengan adanya pemberian kredit ini, bisa membantu perputaran  roda perekonomian di daerah dalam hal ini Kabupaten Konawe, Bank Sultra bisa semakin eksis di Konawe dan bisa terus menjadi mitra pemda. Kami selalu berada di belakang pemda, artinya apapun yang bisa kami bantu untuk pemda konawe kami lakukan,” katanya.

Sekda Kabupten Konawe, Ferdinand Sapan, mengiyakan saat ditanya melalui sambungan WhatsApp apakah Bank Sultra dapat dilibatkan saat serah terima SK P3K nantinya.

“Ia, kita akan libatkan Bank Sultra untuk kebutuhan sosialisasi,” tandasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here