Menuju Indonesia Sehat, Pemkab Konawe Turut Sukseskan Program Satu Juta Vaksin

0
Pemeriksaan kondisi kesehatan pasien sebelum vaksinasi dilakukan. Foto: ist

KONAWE, INDITIMES.ID– Menjadikan Indonesia sehat dari Covid-19, Presiden Joko Widodo mencanangkan satu-dua juta vaksinasi setiap harinya, dimulai bulan Juli 2021.

Hal ini disampaikannya saat membuka acara Munas Kadin vIII di Kota Kendari, yang bertempat di Masjid Al-Alam, Rabu 30 Juni 2021.

Program satu-dua juta vaksinasi perhari ini diawali dengan vaksinasi massal di Provinsi Sulawesi Tenggara yang serentak dilakukan dan disaksikan langsung Presiden Jokowi.

Seperti daerah lainnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Sulawesi Tenggara (Sultra) juga turut mensukseskan program tersebut melalui program vaksinasi massal gratis bagi seluruh warganya di pelataran Kantor Bupati Konawe.

Pelaksanaan Vaksinasi Massal tersebut, disaksikan langsung secara virtual oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang berada di Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara sebelum membuka Musyawarah Nasional (Munas) VIII Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) di pelataran Masjid Al Alam Kendari.

Ini dilakukan, guna memastikan pemerintah daerah aktif dalam penanganan Covid-19. Karena diketahui orang nomor satu di Indonesia itu, ingin mendorong vaksinasi massal terus digalakkan mengejar target satu sampai dua juta vaksin per hari.

Jokowi juga menyapa secara virtual beberapa daerah yang menjalani vaksinasi massal. Selain Kabupaten Konawe yang melakukan vaksinasi ada juga daerah lain seperti Kota Kendari, Bombana dan Konawe Selatan.

Sekretaris Daerah Konawe Ferdinand Sapan saat ditemui disela-sela kegiatan vaksinasi menyampaikan bahwa ini adalah upaya pemerintah pusat dan pemerintah daerah melakukan vaksinasi dalam rangka percepatan atau pencegahan penularan virus Covid-19.

Baca Juga  PT VDNI Penuhi Tingginya Kebutuhan Oksigen di Kota Kendari

“Target kita hari ini adalah 1000 orang. Untuk yang melakukan vaksinasi di pelataran kantor bupati, target kita 500 orang, dan 500 lagi itu di Kecamatan,” ungkapnya.

Dirinya berharap akan kesadaran dari masyarakat itu sendiri, karena menurutnya  penyakit seperti ini tidak memilih siapa orang itu. Tetapi bagaimana imunitas orang tersebut.

“Kalau misalkan vaksin itu sudah dilaksanakan dan diterima oleh seluruh masyarakat, saya yakin bahwa imunitas nya bertambah dan penularannya makin kecil,” kata Ferdi.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Konawe ini menambahkan, bagi warga yang tidak sempat hadir di pelataran kantor daerah untuk melakukan vaksinasi massal ini. Ia mengimbau agar melakukan Vaksinasi di Kecamatan masing-masing.

“Jadi bagi warga yang tidak sempat vaksin hari ini. Bisa langsung ke kantor camat terdekat. Karena, kami juga membuka vaksinasi massal di 26 Puskesmas se Kabupaten Konawe,” pungkas Jenderal ASN Konawe ini.

Sementara itu, Koordinator Pelaksana Vaksin Dinkes Konawe, Wiwin mengatakan, berdasarkan data per 28 Juni 2021, vaksinasi dilakukan dengan tiga sasaran. Sasaran pertama, tenaga kesehatan (Nakes) dengan total 1.839 orang.

Lanjutnya, sasaran kedua, Layanan Publik. Pada layanan publik sudah sekitar 18.133 orang yang telah di vaksinasi, dan sasaran Ketiga lansia yang divaksin berjumlah 852 orang.

“Jadi total keseluruhan ya g melakukan vaksinasi untuk wilayah Kabupaten Konawe 20.824 orang,” bebernya.

Baca Juga  Sempat Kalang Kabut Karena Corona, Penjualan Mobil Suzuki Justru Lampaui Target

Selama 2020, Kasus covid-19 di kabupaten Konawe berjumlah 486 orang, dengan status sembuh sebanyak 470  orang dan meninggal 16 orang. Sementara itu, kasus covid-19 di 2021 berjumlah 203, dengan status sembuh sebanyak 118 orang, sedangkan status meninggal 6 orang dan yang sedang perawatan/pengawasan sebanyak 79 orang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here